PROGRAM PEMBELAJARAN PAUD TERPADU AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2018-2019



Alhamdulillahirabbil’alamin kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberi kita limpahan rahmat dan karuniaNya yang tak terkira, sehingga kita bisa memulai tahun pelajaran baru ini dengan baik. Sholawat dan salam akan selalu kita panjatkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa banyak sekali pencerahan dalam hidup umat Islam.Amin.
Tahun pelajaran 2018/2019 telah kita masuki dengan suasana baru dan hal-hal yang baru sesuai dengan berkembangnya dunia pendidikan. Semoga langkah kita semua dalam meningkatkan mutu pendidikan mendapat ridho dari Allah SWT.
Dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya di Paud Terpadu Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bondowoso, kami melakukan perubahan diberbagai aspek sehingga tahun demi tahun mutu pendidikan  di lembaga kami menjadi lebih baik.
Dengan demikian perlu menyampaikan program-program kegiatan selama satu tahun ke depan. Hal ini kami lakukan dengan harapan terjalinnya suatu kerja sama, persamaan visi misi sekolah dan orang tua sebagai pembimbing dan pendidik di lingkungan keluarga ataupun sekolah.
Besar harapan kami, dengan adanya penjelasan di Parent Hand Book ini dapat memberikan input kepada orang tua mengenai program-program sekolah yang diterapkan. Akhirnya kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Tentang Paud Al-Irsyad Al-Islamiyyah

I.     Tujuan Pendidikan
·      Secara Umum
Terlaksananya implementasi Kurikulum 13 yang mengintegrasikan pada tahapan perkembangan di setiap sentra dan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK) dari 18 Sikap Pendidikan karakter terdiri dari:
- Mutu
- Hormat
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Rajin
- Rendah hati
- Berpikir Positif
- Ramah
- Ikhlas
- Syukur
- Sabar
- Bersih
- Khusu’
- Kasih Sayang
- Istiqomah
- Taqwa
- Qona’ah
·      Secara Khusus
Membentuk generasi Qur’ani yang unggul dalam akhlak dan prestasi
-        Anak mampu berlaku santun pada orang yang lebih tua
-        Anak dapat melakukan ibadah
-        Anak dapat selalu mendoakan orang tua
-        Anak peduli akan lingkungan sosial dan dapat beradaptasi
-        Anak dapat mandiri
-        Anak dapat berprestasi sesuai bakat dan minat

II.   Visi dan Misi
·      Visi
Terwujudnya Generasi  Qurani  Yang  Unggul Dalam Berakhlaqul Karimah

·      Misi
-  Melahirkan generasi cinta Al-quran
-  Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif
-  Menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab
-  Menciptakan lingkungan yang menyenangkan serta kondusif

Tentang Paud Al-Irsyad Al-Islamiyyah
I.     Tujuan Pendidikan
·      Secara Umum
Terlaksananya implementasi Kurikulum 13 yang mengintegrasikan pada tahapan perkembangan di setiap sentra dan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK) dari 18 Sikap Pendidikan karakter terdiri dari:
- Mutu
- Hormat
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Rajin
- Rendah hati
- Berpikir Positif
- Ramah
- Ikhlas
- Syukur
- Sabar
- Bersih
- Khusu’
- Kasih Sayang
- Istiqomah
- Taqwa
- Qona’ah
·      Secara Khusus
Membentuk generasi Qur’ani yang unggul dalam akhlak dan prestasi
-        Anak mampu berlaku santun pada orang yang lebih tua
-        Anak dapat melakukan ibadah
-        Anak dapat selalu mendoakan orang tua
-        Anak peduli akan lingkungan sosial dan dapat beradaptasi
-        Anak dapat mandiri
-        Anak dapat berprestasi sesuai bakat dan minat

II.   Visi dan Misi
·      Visi
Terwujudnya Generasi  Qurani  Yang  Unggul Dalam Berakhlaqul Karimah

·      Misi
-  Melahirkan generasi cinta Al-quran
-  Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif
-  Menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab
-  Menciptakan lingkungan yang menyenangkan serta kondusif


Tentang Program

I. Program Pendidikan Umum Kurikulum 13
   -  Pengembangan pembiasaan ( Moral dan Nilai-Nilai Agama, Sosial Emosional,
      Kemandirian)
   -  Pengembangan kemampuan dasar (Kemampuan berbahasa, kognitif, seni, fisik motorik
       kasar dan halus)

a.   Sentra Persiapan
Semua materi yang telah dirancang guru, dialirkan kepada anak melalui macam-macam kegiatan yang lebih difokuskan kepada berhitung, membaca dan menulis. Guru mengorganisir tempat secara khusus untuk membangun konsep-konsep yang berkaitan dengan klasifikasi warna, bentuk, ukuran, urutan (angka dan huruf), motorik halus (menggambar, menulis, meronce).
Membaca dan menulis diperkenalkan kepada anak sebagai pengalaman yang menyenangkan. Guru menerima semua usaha yang anak buat untuk keberhasilan dalam menuju kemampuan membaca dan menulis. Nanti pada jenjang yang lebih tinggi anak menjadi pembaca dan mampu mengungkapkan pikirannya melalui bahasa lisan dan tulisan.

 b.  Sentra Balok
Sarana belajar anak untuk menerima materi pembelajaran yang akan dilarikan melalui kegiatan main dengan balok-balok kayu beserta media pendukungnya.
Secara umum main balok memberikan kesempatan kepada anak untuk membangun:
·       Keterampilan hubungan dengan teman sebaya
·       Kemampuan berkomunikasi
·       Kekuatan dan koordinasi motorik halus dan kasar
·       Konsep matematika dan geometri
·       Pemikiran simbolik

  c.   Sentra Bahan Alam
Sentra ini memberikan pengalaman berinteraksi langsung dengan alat dan bahan main yang mendukung kebutuhan perkembangan anak, karena anak usia dini belajar dengan cara interaksi langsung melalui indra mereka dan melalui interaksi fisik dengan lingkungannya.
Pengalaman main pada sentra ini akan mengantarkan anak bergerak dari main sensomotor ke main peran kemudian ke main pembangunan.
Anak yang kaya dalam pengalaman main sensori motor akan sangat kuat di pemahaman tentang sebab akibat, selanjutnya ke berpikir logis
      
d.  Sentra Seni
Pada sentra seni semua materi yang telah disusun guru diberikan kepada anak melalui kegiatan seni yang bermacam-macam. Kegiatan seni lebih difokuskan pada proses bukan hasilnya.
Sentra seni memperkenalkan pada anak cara memakai semua benda-benda yang diperlukan dalam pekerjaan seni. Misalnya guru menyediakan semua jenis lem agar anak tahu cara pakai lem dengan benar, maka dia akan mampu membuat karya seni. Selanjutnya anak akan mampu dan suka mengungkapkan apa yang dia pikirkan melalui karya-karya seni.

e.   Sentra Peran
Ini adalah sarana belajar anak untuk menerima materi pelajaran yang akan dialirkan melalui kegiatan main peran. Tujuan main peran adalah:
·       Membangun kreatifitas anak dalam bermain peran
·       Membangun cara berpikir yang beruntun
·       Membangun kemampuan mengambil kesimpulan dari sudut pandang
     yang berbeda
·       Pengembangan kosa kata
·       Membangun kemampuan imajinasi

f.   Sentra Imtaq
Sentra ini menekankan kepada pada pengenalan dan pembelajaran agama sedini mungkin untuk mengenal nilai-nilai yang islami terutama yang mengagungkan Asma Allah SWT, kegiatan berwudhu’ dan sholat berjamaah dan pengenalan surat pendek, doa sehari-hari, hadits-hadits nabi, asmaul husna, siroh teladan para Nabi.


II.  Program pendidikan khusus keislaman dan al-qur’an
  • Aqidah (keimanan)
  • Ibadah (praktek wudhu’, sholat, puasa, zakat)
  • Akhlaq (budi pekerti)
  • Pembelajaran baca tulis al-qur’an
  • Tarikh islam (sejarah islam)



III.  Program membaca dan menulis metode cantol roudhoh dan praktis membaca
Metode ini dikembangkan berdasarkan kemampuan dalam  menyerap informasi dan system menghafal cepat (quantum learning)
Dari konsep ini dikembangkan dengan cara praktek langsung pada membaca suku kata yang bermakna.


IV. Program Pendukung Pembelajaran Pengembangan Agama Islam
1.  Manasik haji
Tujuan Manasik Haji ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada anak didik, juga diharapkan dapat berimbas kepada orangtua siswa sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke 5 tsb. Karena anak-anak usia 4-6 tahun memiliki daya ingat yang kuat, diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini bisa merangsang mereka jika sudah dewasa kelak untuk berkeinginan (niat) melaksanakan ibadah haji.
2.  Praktek wudhu’
     Mengenalkan dan mempraktekkan cara-cara wudhu’ yang sesuai dengan ajaran  
     Rosulullah SAW
3.  Praktek sholat
Mengenalkan dan mempraktekkan cara-cara sholat yang sesuai dengan ajaran  
Rosulullah SAW.


V. Program Kesehatan Anak
1. Pemeriksaan rutin kuku,  dilakukan  setiap hari senin
2. Pengukuran tinggi badan  3 bulan sekali, dan penimbangan berat badan 1 bulan sekali
3. Pembiasaan cuci tangan  sebelum dan sesudah makan dan minum

VI. Program Evaluasi Perkembangan Anak
-        Evaluasi perkembangan anak dapat dilakukan dengan:
1.        Mengevaluasi perkembangan anak dilakukan 3 bulan sekali dengan memberikan laporan berupa lembaran perkembangan anak.
2.        Dilakukan home visit (kunjungan kerumah ) oleh para ustdzah untuk mengetahui perkembangan anak 2 kali dalam setahun
3.                                                                                 Evaluasi muatan local (surat-surat pendek) dilakukan  2 kali  disetiap akhir semester

VII. Program Kegiatan Akhir Tahun
       Kegiatan akhir tahun / pelepasan bagi peserta didik yang melanjutkan kejenjang   selanjutnya  adalah kegiatan  Wisuda


GURU DAN STAF
No
Nama
Tugas
Telp./ HP
1.
Mutmainnah Radjab,S.Pd.
Kepala Sekolah
087857684984
2.
Hosnol Hotimah,S.Pd.
Ustadza Kel.A1/Sentra Imtaq
085231324200
3.
Nur Hasanah,S.Pd.
Ustadza Kel.A2/Sentra Balok
087757782127
4.
Hikmah Hadi,S.Pd.
Ustadza Kel.A2/Sentra Balok
087852096767
5.
Yatik Tri Findahayu,S.Pd.
Ustadza Kel.A3/Sentra Seni
085258364680
6.
Zubaidah,S.Pd.
Ustadza Kel.A3/Sentra Seni
085204214240
7.
Hamimah Baabduh,S.Pd.
Ustadza Kel.B1/Sentra Peran
087757989800
8.
Eny Tri Andayani,S.Pd.
Ustadza Kel.B1/Sentra Peran
082139576425
9.
Yasmin Al-Musholly,S.Pd.
Ustadza Kel.B2/Sentra Persiapan
082240711568
10.
Sumartini
Ustadza Kel.B2/Sentra Persiapan
085258380641
11.
Nurita Handayani,S.Pd.
Ustadza Kel.B3/Sentra Bahan Alam
085749404417
12.
Prandari Mariati, S.Pd.
Ustadza Kel.B3/Sentra Bahan Alam
081233707207
13.
Suwaybatul Aslamiyah,S.Pd.
Ustadza Kelompok Bermain
085336002280
14.
Jamilah Jum’an,S.Pdi.
Ustadza Kelompok Bermain
082302036454
15.
Ja’far Jum’an
Pesuruh/ penjaga
-



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGIATAN HARIAN DI PAUD TERPADU AL-IRSYAD BONDOWOSO

PAUD Terpadu Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso

TEMA DAN PEMBELAJARAN