PROGRAM PEMBELAJARAN PAUD TERPADU AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Alhamdulillahirabbil’alamin
kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberi kita limpahan rahmat
dan karuniaNya yang tak terkira, sehingga kita bisa memulai tahun pelajaran
baru ini dengan baik. Sholawat dan salam akan selalu
kita panjatkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa
banyak sekali pencerahan dalam hidup umat Islam.Amin.
Tahun pelajaran 2018/2019 telah kita masuki dengan
suasana baru dan hal-hal
yang baru sesuai dengan berkembangnya dunia pendidikan. Semoga langkah kita
semua dalam meningkatkan mutu pendidikan mendapat ridho dari Allah SWT.
Dalam peningkatan mutu pendidikan
khususnya di Paud Terpadu Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bondowoso, kami melakukan
perubahan diberbagai aspek sehingga tahun demi tahun mutu pendidikan di lembaga kami menjadi lebih baik.
Dengan
demikian perlu menyampaikan program-program kegiatan selama satu tahun ke
depan. Hal ini kami lakukan dengan harapan terjalinnya suatu kerja sama,
persamaan visi misi sekolah dan orang tua sebagai pembimbing dan pendidik di
lingkungan keluarga ataupun sekolah.
Besar harapan kami, dengan adanya
penjelasan di Parent Hand Book ini dapat memberikan input kepada orang tua
mengenai program-program sekolah yang diterapkan. Akhirnya kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.
Tentang Paud Al-Irsyad Al-Islamiyyah
|
I.
Tujuan
Pendidikan
·
Secara
Umum
Terlaksananya
implementasi Kurikulum 13
yang mengintegrasikan
pada tahapan perkembangan di setiap
sentra dan mengintegrasikan Penguatan
Pendidikan Karakter (PPK) dari 18 Sikap Pendidikan karakter terdiri dari:
- Mutu
- Hormat
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Rajin
- Rendah hati
- Berpikir Positif
- Ramah
|
- Ikhlas
- Syukur
- Sabar
- Bersih
- Khusu’
- Kasih Sayang
- Istiqomah
- Taqwa
- Qona’ah
|
·
Secara
Khusus
Membentuk generasi Qur’ani yang unggul dalam akhlak dan
prestasi
-
Anak mampu berlaku santun pada orang yang lebih tua
-
Anak dapat melakukan ibadah
-
Anak dapat selalu mendoakan orang tua
-
Anak peduli akan lingkungan sosial dan dapat beradaptasi
-
Anak dapat mandiri
-
Anak dapat berprestasi sesuai bakat dan minat
II.
Visi
dan Misi
·
Visi
Terwujudnya
Generasi Qurani Yang Unggul
Dalam Berakhlaqul Karimah
· Misi
- Melahirkan generasi cinta Al-quran
- Melaksanakan proses pembelajaran
yang efektif
- Menanamkan sikap disiplin dan
tanggung jawab
- Menciptakan lingkungan yang
menyenangkan serta kondusif
Tentang Paud Al-Irsyad Al-Islamiyyah
I.
Tujuan
Pendidikan
· Secara Umum
Terlaksananya
implementasi Kurikulum 13
yang mengintegrasikan
pada tahapan perkembangan di setiap
sentra dan mengintegrasikan Penguatan
Pendidikan Karakter (PPK) dari 18 Sikap Pendidikan karakter terdiri dari:
· Secara Khusus
Membentuk generasi Qur’ani yang unggul dalam akhlak dan
prestasi
-
Anak mampu berlaku santun pada orang yang lebih tua
-
Anak dapat melakukan ibadah
-
Anak dapat selalu mendoakan orang tua
-
Anak peduli akan lingkungan sosial dan dapat
beradaptasi
-
Anak dapat mandiri
-
Anak dapat berprestasi sesuai bakat dan minat
II.
Visi
dan Misi
· Visi
Terwujudnya
Generasi Qurani Yang Unggul Dalam Berakhlaqul Karimah
· Misi
- Melahirkan generasi cinta
Al-quran
- Melaksanakan proses pembelajaran
yang efektif
- Menanamkan sikap disiplin dan
tanggung jawab
- Menciptakan lingkungan yang
menyenangkan serta kondusif
|
|||
Tentang
Program
I. Program
Pendidikan Umum Kurikulum 13
-
Pengembangan pembiasaan ( Moral dan Nilai-Nilai Agama, Sosial
Emosional,
Kemandirian)
-
Pengembangan kemampuan dasar (Kemampuan berbahasa, kognitif, seni, fisik motorik
kasar dan halus)
a. Sentra Persiapan
Semua materi yang telah dirancang guru, dialirkan
kepada anak melalui macam-macam kegiatan yang lebih difokuskan kepada
berhitung, membaca dan menulis. Guru mengorganisir tempat secara khusus untuk
membangun konsep-konsep yang berkaitan dengan klasifikasi warna, bentuk,
ukuran, urutan (angka dan huruf), motorik halus (menggambar, menulis, meronce).
Membaca dan menulis diperkenalkan kepada anak
sebagai pengalaman yang menyenangkan. Guru menerima semua usaha yang anak
buat untuk keberhasilan dalam menuju kemampuan membaca dan menulis. Nanti
pada jenjang yang lebih tinggi anak menjadi pembaca dan mampu mengungkapkan
pikirannya melalui bahasa lisan dan tulisan.
b. Sentra Balok
Sarana
belajar anak untuk menerima materi pembelajaran yang akan dilarikan melalui
kegiatan main dengan balok-balok kayu beserta media pendukungnya.
Secara umum main balok memberikan kesempatan
kepada anak untuk membangun:
· Keterampilan
hubungan dengan teman sebaya
· Kemampuan
berkomunikasi
· Kekuatan
dan koordinasi motorik halus dan kasar
· Konsep
matematika dan geometri
· Pemikiran
simbolik
c. Sentra Bahan Alam
Sentra ini memberikan
pengalaman berinteraksi langsung dengan alat dan bahan main yang mendukung
kebutuhan perkembangan anak, karena anak usia dini belajar dengan cara
interaksi langsung melalui indra mereka dan melalui interaksi fisik dengan
lingkungannya.
Pengalaman main pada sentra ini
akan mengantarkan anak bergerak dari main sensomotor ke main peran kemudian ke main
pembangunan.
Anak yang kaya dalam pengalaman
main sensori motor akan sangat kuat di pemahaman tentang sebab
akibat, selanjutnya ke berpikir logis
|
|||
d. Sentra Seni
Pada sentra seni semua materi yang telah disusun
guru diberikan kepada anak melalui kegiatan seni yang bermacam-macam.
Kegiatan seni lebih difokuskan pada proses bukan hasilnya.
Sentra seni memperkenalkan pada anak cara memakai
semua benda-benda yang diperlukan dalam pekerjaan seni. Misalnya guru
menyediakan semua jenis lem agar anak tahu cara pakai lem dengan benar, maka
dia akan mampu membuat karya seni. Selanjutnya anak akan mampu dan suka mengungkapkan
apa yang dia pikirkan melalui karya-karya seni.
e. Sentra Peran
Ini adalah sarana belajar anak untuk menerima
materi pelajaran yang akan dialirkan melalui kegiatan main peran. Tujuan main
peran adalah:
· Membangun
kreatifitas anak dalam bermain peran
· Membangun
cara berpikir yang beruntun
· Membangun
kemampuan mengambil kesimpulan dari sudut pandang
yang berbeda
· Pengembangan
kosa kata
· Membangun
kemampuan imajinasi
f. Sentra Imtaq
Sentra ini menekankan kepada pada pengenalan dan
pembelajaran agama sedini mungkin untuk mengenal nilai-nilai yang islami
terutama yang mengagungkan Asma Allah
SWT, kegiatan berwudhu’ dan sholat berjamaah dan pengenalan surat pendek, doa
sehari-hari, hadits-hadits nabi, asmaul husna, siroh teladan para Nabi.
II. Program pendidikan khusus keislaman dan
al-qur’an
|
|||
III. Program membaca dan menulis metode cantol
roudhoh dan praktis membaca
Metode ini dikembangkan
berdasarkan kemampuan dalam menyerap informasi dan
system menghafal cepat (quantum learning)
Dari konsep ini dikembangkan
dengan cara praktek langsung pada membaca suku kata yang bermakna.
|
|||
IV. Program
Pendukung Pembelajaran Pengembangan Agama Islam
1. Manasik haji
Tujuan Manasik Haji ini dimaksudkan untuk memberikan
pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada anak didik, juga diharapkan dapat
berimbas kepada orangtua siswa sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan
ibadah haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke 5 tsb.
Karena anak-anak usia 4-6 tahun memiliki daya ingat yang kuat, diharapkan
juga dengan adanya kegiatan ini bisa merangsang mereka jika sudah dewasa
kelak untuk berkeinginan (niat) melaksanakan ibadah haji.
2. Praktek
wudhu’
Mengenalkan
dan mempraktekkan cara-cara wudhu’ yang sesuai dengan ajaran
Rosulullah
SAW
3. Praktek sholat
Mengenalkan dan
mempraktekkan cara-cara sholat
yang sesuai dengan ajaran
Rosulullah SAW.
|
V. Program Kesehatan Anak
1. Pemeriksaan rutin kuku, dilakukan
setiap hari senin
2. Pengukuran tinggi badan 3 bulan sekali, dan penimbangan berat badan 1 bulan
sekali
3. Pembiasaan cuci tangan sebelum dan sesudah makan dan minum
VI. Program
Evaluasi Perkembangan Anak
-
Evaluasi perkembangan anak dapat
dilakukan dengan:
1.
Mengevaluasi
perkembangan anak dilakukan 3 bulan sekali dengan memberikan laporan berupa
lembaran perkembangan anak.
2.
Dilakukan
home visit (kunjungan kerumah ) oleh para ustdzah untuk mengetahui perkembangan
anak 2 kali dalam setahun
3.
Evaluasi
muatan local (surat-surat pendek) dilakukan
2 kali disetiap akhir semester
VII. Program
Kegiatan Akhir Tahun
Kegiatan akhir tahun / pelepasan bagi
peserta didik yang melanjutkan kejenjang
selanjutnya adalah kegiatan Wisuda
GURU
DAN STAF
No
|
Nama
|
Tugas
|
Telp./ HP
|
1.
|
Mutmainnah
Radjab,S.Pd.
|
Kepala
Sekolah
|
087857684984
|
2.
|
Hosnol Hotimah,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.A1/Sentra Imtaq
|
085231324200
|
3.
|
Nur Hasanah,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.A2/Sentra Balok
|
087757782127
|
4.
|
Hikmah
Hadi,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.A2/Sentra Balok
|
087852096767
|
5.
|
Yatik
Tri Findahayu,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.A3/Sentra Seni
|
085258364680
|
6.
|
Zubaidah,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.A3/Sentra Seni
|
085204214240
|
7.
|
Hamimah
Baabduh,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.B1/Sentra Peran
|
087757989800
|
8.
|
Eny
Tri Andayani,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.B1/Sentra Peran
|
082139576425
|
9.
|
Yasmin
Al-Musholly,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.B2/Sentra Persiapan
|
082240711568
|
10.
|
Sumartini
|
Ustadza
Kel.B2/Sentra Persiapan
|
085258380641
|
11.
|
Nurita
Handayani,S.Pd.
|
Ustadza
Kel.B3/Sentra Bahan Alam
|
085749404417
|
12.
|
Prandari
Mariati, S.Pd.
|
Ustadza
Kel.B3/Sentra Bahan Alam
|
081233707207
|
13.
|
Suwaybatul
Aslamiyah,S.Pd.
|
Ustadza
Kelompok Bermain
|
085336002280
|
14.
|
Jamilah
Jum’an,S.Pdi.
|
Ustadza
Kelompok Bermain
|
082302036454
|
15.
|
Ja’far
Jum’an
|
Pesuruh/
penjaga
|
-
|
Komentar
Posting Komentar